Kampung Pare Kediri

Kampung pare Kediri jawa timur

Kota Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Kota kecamatan kecil yang terletak 24 kilometer timur laut dari Kota Kediri ini, selain terkenal dengan komoditas madu lebah dan sawo manila, kini memiliki beberapa desa yang dilekati predikat sebagai “kampung Inggris”. Bukan, bukan karena banyak bule yang berlalu-lalang di sana, melainkan karena menjamurnya tempat kursus Bahasa Inggris di wilayah ini.

Tulungrejo dan Pelem, dari dua desa inilah paling tidak sebutan kampung Inggris berasal. Di sana berderet puluhan lembaga kursus yang mengajarkan kemampuan berbahasa Inggris pada ribuan anak muda dari berbagai daerah di Indonesia. Sebut saja Basic English Course (BEC), Effective English Conversation Course (EECC), Mahesa Institute, Smart International Language College, Manggala English Zone dan sederet nama lainnya. Sebagian besar lembaga kursus ini baru berdiri empat atau lima tahun yang lalu, tetapi beberapa diantaranya telah dikenal sebagai pusat belajar bahasa Inggris sejak awal tahun 1990-an. Bahkan BEC, yang diakui sebagai pendahulu dari semua lembaga kursus yang ada di Pare, sudah berdiri sejak tahun 1977.

Meski terkenal sebagai Kampung Inggris, sebetulnya bukan hanya Bahasa Inggris saja yang ditawarkan oleh lembaga kursus di kawasan Tulungrejo dan Pelem, tetapi juga bahasa Jepang, Mandarin dan Arab. Hanya saja jumlah lembaga dan peminatnya tidak sebanyak di tempat kursus bahasa Inggris, tak heran jika wilayah ini lebih dikenal sebagai kampung Inggris ketimbang julukan lainnya.

“Yang paling awal berkembang dan diminati memang kursus Bahasa Inggris. Saat ini dari 84 lembaga di seluruh Kecamatan Pare, paling tidak 80-an persen mengajarkan Bahasa Inggris,” ungkap Muhammad Kalend (61), pendiri BEC sekaligus tokoh yang berada di balik perkembangan sentra kursus bahasa Inggris di Pare.

Mister Kalend, demikian ia biasa disapa penduduk sekitar dan para siswa kursus, mendirikan BEC di akhir tahun 1970-an awalnya untuk membantu sejumlah mahasiswa yang kesulitan memahami teks-teks bahasa Inggris. Ia memperoleh kemampuan berbahasa Inggris berkat bimbingan almarhum Ustadz Yazied, pengelola Pondok Pesantren Darul Falah, Pare. Ustadz ini kondang sebagai ahli bahasa dan konon sekurangnya 8 bahasa asing dikuasainya. Kini, berkat ketelatenan Mister Kalend selama 28 tahun BEC tumbuh menjadi lembaga kursus terbesar di Pare dengan siswa mencapai 800 orang setiap enam bulannya.

Jika anda merasa penat, anda bisa berkeliling berjalan-jalan menimati suasana kota pare yang sejuk atau sekedar memandang hijaunya ladang dan pesawahan di kampung-kampung sekitar pare. Beberapa tempat wisata sejarah juga terdapat di kota pare, beberapa candi peninggalan kerajaan Kadiri dan Majapahit masih bisa anda nikmati. Ada juga tempat pemandian umum dan petilasan Sri Aji Joyoboyo yang dulu merupakan salah satu Raja Kadiri. Selalu ada cara untuk menikmati  Pare.

Suasana yang tenang

Suasana yang tenang Dan pola hidup yang sederhana menjadi daya tarik utama kota ini, meskipun begitu siapa sangka tempat ini menjadi pusat belajar bahasa Inggris yang paling terkenal di seantero Nusantara. Tidak hanya para pelajar yang di untungkan, namun masyarakat pare juga menjadi semakin makmur dan berkembang karena industri yang satu ini.

Berikut adalah data pada Desember 2007: (rata2)

Ø  Kursus perprogram : 80rb perbulan

Ø  Pure kosan : 50rb perbulan

Ø  English area : 100-150rb perbulan

Ø  Makan pagi (nasi pecel) : 1500-2500

Ø  Nasi ayam bakar : 4000

Ø  Nasi soto : 2500

Ø  Es jeruk : 1000

Ø  Bakso : 2500

Ø  Buah2n : 500

Alhasil, biaya total selama sebulan + 500 rb sudah termasuk minuman ringan (es jeruk dll), internet 3000/jam, dan buku2. Tips, belilah buku sebanyak2nya, harganya miring banget walau dibanding palasari sekalipun… tapi inget, pikirkan pulangnya….

Transportasi

  1. Menuju Pare

a.       Kereta

Ekonomi Bandung – Kediri, tarif 38rb, lama + 17jam, berangkat sore sampai pagi (jangan lupa shalat di kereta, tayamum aja).

Dari stasiun Kediri, jalan kaki atau naik becak (max 5rb) ke jalan raya. Kemudian naik angkot Kediri-Pare (ada tanda P dilingkari) + 25 km 6rb, turun di kantin Danis, Jl. Brawijaya (jangan mau ditawari di antar, mahal). Nah, sekarang anda telah berada di lingkungan Pare, selanjutnya nyari kosan. Untuk nyari kosan, bisa langsung nyari pake becak (jarang ada ojeg) atau jalan kaki. Atau anda titipkan dulu barang bawaan anda di tempat les yang dituju atau ke kontak/teman disana.

b.      Bus

Bus Kramat Djati, 120rb, atau Pahala Kencana, 135rb, Bandung – Kediri. Berangkat sore sampai pagi. Katakan saja sama kendek, ‘Mau ke Pare’ nanti diturunkan di tempat yang dilalui angkot Kediri-Pare.

  1. Di Pare

Umumnya untuk transportasi disana, kita beli sepeda bekas aja. Harga sekitar 50-75 rb. Sepeda ini digunakan karena kosan-lesan1, lesan1-lesan2, dan seterusnya lumayan jauh untuk ukuran jalan kaki dengan cuaca yang cukup panas.

Fasilitas

Ngomong2, kampong ini dekat dengan kota kecamatan Pare sehingga fasilitasnya cukup lengkap. Jika anda les di Elfast, berarti anda sudah dekat ke Mesjid Agung Pare dan stadion sepakbola. Tinggal bersepeda sebentar, anda akan sampai di alun2 Pare, pasar, bank Mandiri, BRI dan BNI.

Fasilitas kolam renang dan fitness center pun dapat anda nikmati. Begitu pula dengan akses internet yang relative murah dan cepat.

38 thoughts on “Kampung Pare Kediri

  1. untuk keterangan lebih lengkap hub kantor :telp 022-7230275 eva/umar senin – sabtu jam 08:00 – 17:00 wib

  2. siang pa kamar gmn rencana lburannya dah ad agendanya lom…..pak Kamar bs hub sy di hp 081322455369…bpk tinggal tentukan tujuanya byar qt yg selanjutnya akan atur makasih

  3. dah lama bgt ya
    kalo sekarg gman ya??/
    diantara kursus yang ada manurut anda mana yang
    berkualitas n murah

  4. insyaALLAH saya akan kesana akhir bulan depan. banyak sebenarnya yg saya ingin tanyakan, apakah g ada rubrik khusus utk tanya jawab? soalnya saya bingung apa yg cocok buat saya, atas kemampuan yg saya miliki..

  5. Ass,saya seorang guru di sulsel, setelah mendengar kabar dari teman tentang english camp yang terdapat di kab. kediri, saya tertarik untuk mendaftarkan diri,but I don’t know, gimana caranya untuk masuk di salah satu tempat kursus di sana?trus jadwal pendaftarannya di buka tiap awal bulan or akhir bulan atau bagaiman? tolong dong info yang selengkap lengkapnya

  6. pak…
    daFtarnya nTar Langsung dicaNa ato ada sYarat”khuSus ce…
    TyuZ, beriTana biaYa sekaRang muahaL banGet..
    beNer gug???
    soaLnya budGet saya juJja nipiZ
    =])

  7. mau numapang nanya nich… kalo dari bogor naik bis jurusan apa N turun dimana yah??? trus boleh minta rincian biaya-nya gak??? makasih….

  8. mau numpang nanya nich… kalo dari bogor naik bis jurusan apa N turun dimana yah??? trus boleh minta rincian biaya-nya gak??? makasih….

  9. mohon infonya untuk :

    1. Tempat rujukan kursus yang bagus di Pare????
    2. Nomor telp yang bisa dihubungi untuk informasi Pare.
    3. biaya Hidup (makan & tempat tinggal).

    saya butuh informasi secepatnya,

    Terima Kasih,

  10. ass,,
    ehm,gmna cra qta mngetahui info2 trbru tntang admnistrsi d BEC n tmpat tnggl kozt2an d dsa tulungrejo/pelem?cz mlihat baxk na mnat psrta,gta jdi ragu pa mac trssa tmpat untk d tnggal i..
    tlong d blz,
    trimakac..
    wass..

  11. Bisa, nanti kami kirim via email ya pa!
    Boleh minta no.kontaknya?
    Biar nanti kami kabari.
    Terima kasih.

  12. afwan saya seorang guru. saya mau belajar bahasa arab. di masa liburan sekolah bagaimana mendaftarnya ya, dimana? kapan biasanya dibuka kelas baru? saya juga butuh tempat tinggal. selama proses belajar. tolong infonya ya, karena tempat saya tinggal jauh dari Fare.

  13. asalamualakum….
    saya dari semaraang
    tolong minta alamat yang bisa di hub, buat kursus bahas inggris di pare, sekalian kos
    /

  14. assmualiakum,…
    aku mau ada rencana ksana tapi blum tahu arah arahnya ksana mulai dari pendaftaran biaya lama blajar dan sistemnya,.. serta program 2 apa ja yg ada,..
    aku udah perna tau kampung pare krn aku pernah main ksana wktu msh kciel kbtulan bpk orang kdiri cma skrg tinggal d klarawang,..
    truz biaya hidup skrang dsna brapa ya,..
    mohon d bales ya,..
    makasiii,…

  15. assalam.
    kalau tempat kursus bahasa Arab yang paling bagus di Pare pa Ya??bisa ga dikimkan jadwalnya n tempatnya di mana?? sekalia no yang bisa dihubungi.Trims

  16. Kalo waktunya cuma seminggu boleh ga ?
    soalnya saya cuma pnya waktu libur 15hari…
    trus kalo mau ksana mesti kontak siapa, soalnya saya ga pnya kenalan disana..
    mohon jawabannya secepatnyaa…
    terimakasih..

  17. Maaf mba mau tnya,kalo dari cirebon ke pare naik bis apa ya?tapi pengennya bis eksekutif aja biar aman dan nyaman.trus turunnya dimana?minta info lengkapnya dong..

  18. Dear Mbak Cici,

    Untuk paket kursus Kampung Pare, kami akan konfirmasikan sesegera mungkin. bisa minta nomor kontak mbak?
    Mbak juga bisa hubungi marketing atau office kami:

    Jumiati 08562295855
    Office 022 7279897

    Terima kasih.

    Best regards,
    Fina.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s