LIBURAN…..LIBURAN….LIBURAN….

Hmm, waktunya liburan adalah waktunya maen sepuas hati, belanja (buat yang punya uang, hee) dan berwisata kuliner tentunya….yummy…

Kalo ngedenger belanja ataupun wisata kuliner, salah satu kota yang langsung terbayang di benak kita pastinya adalah Bandung. Yups2, Bandung memang terkenal dengan kota wisata, kota belanja dan kota kuliner. Gk kan puas deh kalo ke Bandung gk nyobain 3 hal ini. Banyak titik di kota Bandung yang terkenal akan wisata, belanja ataupun kulinernya. Salah satu yang terkenal adalah Jalan Riau (Martadinata) yang menyediakan deretan FO lengkap sekaligus kuliner mantap…J

Bwt sekarang, kita bahas untuk wisata kulinernya, yuk….mari….:).
Dimulai dari makanan otak-otak Bu’le. Otak-otak Bu’le yang sudah ada sejak lama ini menggunakan ikan tenggiri yang dimasak dengan bumbu khusus untuk menghilangkan bau anyir tenggiri.Ada dua pilihan neh, otak-otak goreng atau bakar. Harga otak-otak bakar per porsinya lebih mahal daripada otak-otak goreng. Otak-otak bakar Rp 15 ribu per porsi. Sementara untuk otak-otak goreng per porsi bisa dinikmati dengan harga Rp 12.500. Selain makan di tempat, otak-otak juga cocok jadi penganan untuk oleh-oleh.

Untuk yang ingin menu ala cafe tapi bisa dibeli dengan harga murah, Bober Cafe pilihannya., Bober Cafe menawarkan makanan ala tradisional sampai Eropa. Dari mulai nasi goreng kambing, tongseng sampai steak dan menu minuman unik seperti love story, broken melon sampai donald duck sling.
Ssstt, harganya bisa terjangkau oleh dompet anak muda loh karena berkisar antara Rp 7 ribu sampai Rp 18 ribu. Di sini, pengunjung dibuat betah dengan fasilitas wifi dan rokok ala Timur Tengah, sheesa.

Bwt para penikmat sate, ada Sate Anggrek yang berada di muka Jalan Anggrek yang berbatasan langsung dengan Jalan Martadinata. Awalnya warung sate ini bernama Sate Mirah (murah-red) karena harganya cukup murah untuk setiap porsinya dari mulai Rp 8 ribu sampai Rp 17.500. Racikan satenya adalah khas Madura. Dengan bumbu kacang kentalnya yang khas. Tersedia sate ayam, sate kambing sampai sate kuning telur yang gurih juga soto ayam.
Biasanya dibuka sore-sore. Menemukannya tidak akan susah Cari saja kepulan asap beraroma menggoda yang muncul dari bibir Jalan Anggrek.

Mau yang lebih murah, berlanjut ke makanan berkuah di Jalan Serayu yang juga bisa diakses dari Jalan martadinata. Di sana ada cuankie Serayu. Satu porsinya hanya Rp 7 ribu.
Tempatnya memang cukup sempit dan sederhana. Tapi jangan harap akan menemukan tempat ini dalam keadaan sepi. Karena pengunjung terus datang silih berganti dari mulai yang jalan kaki sampai pakai mercy.

Ingin yang lebih murah? Ada baso tahu Ternate yang satu bijinya hanya Rp 750. Berada di pinggiran Jalan Ternate pengunjung pun bersantap di bawah naungan pohon rindang.
Kekhasannya terletak pada bumbu kacangnya yang kental dan masih kasar. Bumbunya pun rasanya tidak terlalu pedas. Untuk penggemar pedas bisa menambahkan sambal sesuka hati ke dalamnya. Rasa ikan tenggirinya begitu terasa namun tidak berbau anyir.
Sayangnya, setiap hari Sabtu dan Minggu, baso tahu Ternate absen dari jualan karena di akhir pekan dibooking untuk pesta pernikahan.

Masih di Jalan Ternate, malam harinya bisa menikmati Serabi Arab atau kepanjangan dari ala remaja Bandung. Ukuran serabinya lebih besar dari serabi pada umumnya.
Untuk masalah menu serabi tidak jauh beda, serabi tradisional oncom dan serabi manis dengan kinca tetap tidak ketinggalan. Menu campuran lainnya serabi ayam, serabi keju, serabi sosis, serabi sosis, serabi telur, serabi ayam campur sosis dan telur juga bahkan ada serabi apel. Harganya relatif terjangkau di kantong anak muda dari kisaran Rp 3.000 sampai Rp 8.000.

Para penggemar burger, bisa menemukan panganan ini di Mr Moo.
Lokasi Mr Moo yang memang dekat dengan sekolah juga cukup mendukung. Selain itu menu-menu yang disajikan di kios burger ini juga cukup enak.
Harga yang dipatok dari mulai Rp 9.500 sampai Rp 27 ribu. Dengan menu andalan burger all star gabungan hampir semua isi burger antara lain dua smoke beef, keju, daging cincang, telur mata sapid dan sayuran.

Hmm, kl kesini jg jgn lupa mampir ke nasi kalongnya.
Nasinya ada 2 pilihan yaitu Nasi putih dan Nasi Hitam ( campuran antara kluwak dan bumbu2). Nasi Hitamnya gak ada rasa, ada wangi2 kluwak dikit, mungkin kalo di kasih santan mungkin lebih sip jadinya gurih…seperti nasi uduk.
Bwt yang suka makan sambal, sambal disini bisa dianggap lumayan, pedasnya pas, manis, asinnya cukup dan rasa n baunya eeunak…Pedasnya nendang n sopan
Nah sekarang baru ngomong soal masakannya…yang paling sip adalah udang kremesnya…itu udang kecil2 yg di goreng kering dan ada kremes2nya…yang ke 2 jambal rotinya juga sip…yg ke 3 Telor Prudul ( seperti telor orak arik), yg ke 4 Ayam kalongnya ( seperti ayam goreng kecap)..yang lainnya standard…
Harga pun lumayan bisa bersain, antara 5-15 ribu sudah bisa makan kenyang disini.

Mo ke café lagi????
Ada tempat yang lumayan asyik neh, friendly dan santai. Tata ruang dibuat senyaman mungkin ditambah sofa-sofa, jadi rasanya kayak dirumah sendiri. Tempatnya gak terlalu rame tapi juga gak terlalu sepi. Cocok buat sekedar kongkow sama temen, keluarga, atau pacar, buat nge-lobby kerjaan juga oke kok.
Ada Lamb Chop, Pepper Steak, Banana Fritter, Chef Salad, Durian Coffee, Durian Milkshake, Strawberry coffee, dll. Untuk harga bervariasa, dari mulai 18 rb sampai dengan 65 rb rupiah..

So, mau manjain lidah kamu selama liburan ini???jangan banyak mikir deh, ayo, segera siap2, mandi, pake baju yang nyaman, ajak teman biar lebih asik, dan jangan lupa bawa uang jg yups, mangnya mo gretongan wisata kulinernya, hee….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: